09 Februari 2010

Disiplin adalah modal dari kesuksesan

Banyak orang yang mengatakan bahwa salah satu penyebab kegagalan adalah kurang disiplin.Hal itu menurut pengamatan saya benar seseorang tanpa disiplin ia tidak akan mencapai kesuksesan. Bahkan jauh dari keberhasilan dan orang tanpa disiplin dapat kita lihat seperti orang yang kurang semangat. Kita ambil contoh di Negara kita tingkat disiplin sangat kurang dan menyedihkan. Contoh kecilnya masuk kuliah terlambat, Rapat sering telat, masih banyak yang tidak mau antri, pengguna jalan seenaknya, dan masih banyak contoh-contoh ketidak disiplinan yang terjadi di hadapan kita. Mungkin hal ini merupakan salah satu penyebab Indonesia masih belum bisa keluar dari krisis dengan baik.Bahkan di antara salah satu kemajuan di suatu kota atau Negara itu tingkat disiplinnya di atas rata-rata dan Indonesia termasuk salah satu Negara yang tidak maju jika melihat dari segi kedisiplinan. Bahkan banyaknya pengangguran di Indonesia itu di antaranya adalah kurang disiplin.
Jika kita bandingkan dengan Jepang atau tetangga kita Singapura dan Malaysia jelas kita kalah jauh kalau masalah disiplin, sehingga konsekuensinya kita juga ketinggalan jauh juga di bidang ekonomi dan teknologi.
Mungkin kita tidak bisa mengubah sikap masyarakat Indonesia agar disiplin. Kata AA Gym, yang penting dimulai dari kita sendiri dulu, dari hal terkecil. Setelah itu insya Allah kedisiplinan akan menyebar dengan sendiri.
Disiplin datang dari pengendalian diri. Semua tergantung kita, jangan salahkan orang lain, jangan pedulikan orang lain, yang penting kita memulai dan membiasakan untuk disiplin. Mungkin Anda akan makan hati, saat Anda disiplin tetapi orang lain tidak. Sebagai contoh jika Anda masuk kuliah di awal waktu sedang orang lain terlambat dan dosen tidak memperdulikannya atau contoh lain anda sudah lama antri disebuah ATM, tiba-tiba diserobot orang setelah Anda dekat. Tidak enak memang, tetapi jika Anda bersabar, Insya Allah hal itu bisa menjadi ladang amal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

About Me

Seseorang yang ingin menjadi diri sendiri

komunitas blogger kalteng

Pengikut


clock counter
Join My Community at MyBloglog!
Search

Term of Use